Ada rakyat dan ada keperluan terkait kepemimpinan rakyat.

Logika sederhananya, keperluan kepemimpinan dipenuhi oleh orang yang terbenar dan terbaik di antara rakyat-rakyat tersebut, lalu baiklah segalanya. Lalu negeri menjadi aman dan sentosa selamanya serta diliputi oleh keadilan dan kemakmuran. Titik dan tidak pakai koma.

Namun faktanya, tidak sesederhana itu. Banyak hal yang memungkinkan untuk kerusakan. Baik itu kerusakan kepemimpinan. Kerusakan hegemoni rakyat. Kerusakan pasca menjabat, dan lain sebagainya. Apakah kata kunci yang mengacu kepada semua kerusakan itu? Kata kunci itu adalah:

—o0   K O N S T I T U S I   0o—


Konstitusi yakni (1) segala ketentuan dan aturan tentang ketatanegaraan (undang-undang dasar dan lain sebagainya); (2) undang-undang dasar suatu negara.

Dengan demikian, siapa yang menggenggam perencanaan dan pengesahan pedoman dasar sumber konstitusi (semisal undang-undang dasar suatu negara), maka ia termasuk aktor yang berpengaruh terkait masa depan kenegaraan.

Ibarat master program. Master program itu mungkin hanya satu file dengan ukuran yang cukup besar. Namun sebatang master program itu, cukup satu kali install, maka segala yang terjadi setelahnya sangat bergantung pada apa yang menjadi perilaku bawaan program. Yang mana itu semua tergantung dari developer/ programmer/ vendor program.


Ringkas cerita, berikut ini beberapa hal terkait konstitusi yang dapat memicu kerusakan terkait kepemimpinan maupun apapun yang terjadi setelah kebijakan dari kepemimpinan. Sekurang-kurangnya sebagai berikut.


Pencegahan hal-hal negatif berkenaan dengan konstitusi.


[1] https://kbbi.web.id/konstitusi 21 Mei 2022 pukul 17:40 UTF+8.

Leave a Reply

Your email address will not be published.